Cari Dollar gratis

Friday, January 27, 2012

Makalah Ekonomi Pedesaan Dan Perkotaan


URBANISASI

A.    Identifikasi Masalah Urbanisasi
Urbanisasi di negara Indonesia mengalami peningkatan yang cukup berarti, sehingga kecenderungan semakin meluasnya problema sosial ekonomi di berbagai kota di Indonesia dapat mengakibatkan problema nasional dan menjadi masalah sosial bagi negara Indonesia. Oleh karena itu, saya membatasi permasalahan ini mengenai :
1.Apa penyebab terjadinya urbanisasi?
2.Faktor- faktor apa yang menyebabkan terjadinya urbanisasi?
3.Apa solusi yang tepat untuk mengatasi masalah urbanisasi?

B.     Tujuan dari Identifikasi Masalah Urbanisasi:
1.      Mengetahui penyebab terjadinya urbanisasi
a). Pertambahan penduduk alami di kota,
b). Perpindahan penduduk dari desa ke kota,
c). Berkembangnya daerah tepian kota.
2.      Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya Urbanisasi
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya urbanisasi di bagi menjadi dua yaitu faktor pendorong dan faktor penarik.
Faktor pendorong:
a)keadaan desa yang umumnya mempunyai kehidupan yang statis
b)      keadaan kemiskinan desa yang seakan-akan abadi
c)lapangan kerja hampir tidak ada
d)     pendapatan yang rendah
e)keamanan yang kurang
f) adat istiadat yang ketat
g)      kurang fasilitas pendidikan
faktor penarik:
a) melanjutkan sekolah karena di desa tidak ada fasilitas/mutu kurang
b)      pengaruh cerita orang bahwa hidup di kota gampang cari pekerjaan/ mudah membuka usaha
c) tingkat upah di kota tinggi
d)     keamanan di kota lebih terjamin
e) hiburan lebih banyak
f) kebebasan pribadi lebih luas
g)adat/agama lebih longgar
3.   Mengetahui solusi yang tepat mengatasi terjadinya urbanisasi
Masalah urbanisasi bukan merupakan masalah kecil sehingga pemerintah telah mengambil beberapa tindakan guna mengatasi masalah penduduk tersebut antara lain :
a)      Membuat atau mendirikan Departemen Perumahan.
b)      Melatih warga masyarakat yang produktif dan memberikan keterampilan sehingga mereka mampu membuka lapangan usaha sendiri.
c)      Mulai mengembangkan kegiatan di bidang agraris misalnya berladang atau menggarap lahan milik orang lain.
d)     Mencegah timbulnya urbanisasi dengan cara menaikkan tingkat penghasilan di desa, membuat uasaha-usaha kerajinan yang hasilnya dapat dipasarkan di kota.
e)      Meningkatkan taraf pendidikan masyarakat.

C. Keadaan di masa depan dengan adanya urbanisasi:
  1. Dalam sektor ekonomi, struktur ekonomi menjadi lebih bervariasi, bermacam-macam usaha di bidang transportasi, perdagangan dan jasa timbul dari mereka yang bermodal besar, terutama timbulnya kegiatan di sektor informal,
  2. Perkembangan di bidang wiraswasta juga nampak meluas, misalnya saja peternakan telur ayam, peternakan telur bebek, dan lain-lain serta kegiatan di bidang kerajinan tangan untuk kepentingan pariwisata dan masih banyak lagi,
  3. Dalam bidang pendidikan makin banyak diusahakan adanya pendidikan kejuruan setingkat SLTP, SLTA bahkan setingkat perguruan tinggi yaitu adanya program non gelar bagi mereka yang ingin memiliki ilmu yang bisa dicapai dalam jangka studi yang pendek tetapi sudah mendatangkan penghasilan,
  4. Terhadap Lingkungan Hidup
a)      Ruang untuk kelancaran lalu lintas kenderaan bermotor dan tempat parkir sudah durasakan sangat kurang. Dampaknya bagi orang miskin adalah mereka tidak mempunyai tempat tinggal dan hidup di tempat-tempat yang tersembunyi dengan keadaan lingkungan yang tidak sehat.
b)      Timbulnya polusi atau pencemaran polusi udara dan kebisingan atau polusi suara telinga manusia.
c)      Terjadinya kontaminasi pada air dan sungai demikian pula adanya pabrik sabun yang mengandung detergen dapat menjadi polutan bagi air sungai bila tidak diatur pembuangan limbahnya.

D. Tindakan yang dilakukan pemerintah untuk menangani masalah urbanisasi.
1.      Membuat atau mendirikan Departemen Perumahan.
2.      Melatih warga masyarakat yang produktif dan memberikan keterampilan sehingga mereka mampu membuka lapangan usaha sendiri.
3.      Mulai mengembangkan kegiatan di bidang agraris misalnya berladang atau menggarap lahan milik orang lain.
4.      Mencegah timbulnya urbanisasi dengan cara menaikkan tingkat penghasilan di desa, membuat uasaha-usaha kerajinan yang hasilnya dapat dipasarkan di kota.
5.      Meningkatkan taraf pendidikan masyarakat.
Masalah urbanisasi bukan merupakan masalah kecil sehingga pemerintah telah mengambil beberapa tindakan guna mengatasi masalah penduduk tersebut antara lain :
1.      Membuat atau mendirikan Departemen Perumahan.
2.      Melatih warga masyarakat yang produktif dan memberikan keterampilan sehingga mereka mampu membuka lapangan usaha sendiri.
3.      Mulai mengembangkan kegiatan di bidang agraris misalnya berladang atau menggarap lahan milik orang lain.
4.      Mencegah timbulnya urbanisasi dengan cara menaikkan tingkat penghasilan di desa, membuat usaha-usaha kerajinan yang hasilnya dapat dipasarkan di kota.
5.      Meningkatkan taraf pendidikan masyarakat.

E. Evaluasi dan solusi masa depan
Menurut saya tindakan pemerintah untuk mengatasi masalah urbanisasi belum maksimal karena hingga saat ini jumlah penduduk di kota masih besar sehingga perlu adanya tindakan yang baru yang harus dilakukan oleh pemerintah yaitu:
Solusi pertama, melarang penduduk pindah ke kota, tetapi juga berupaya mengurangi tekanan penduduk kota. Hal itu dilakukan dengan cara memindahkan penduduk dari perkotaan ke pedesaan untuk bekerja selama beberapa waktu tertentu.
Solusi kedua, menyeimbangkan pembangunan antara desa dan kota. Keseimbangan pembangunan itu bisa dicapai jika ada komitmen untuk melakukan pembangunan hampir semua sektor di pedesaan, seperti industri dan jasa. Selain itu, pemerintah perlu menata reforma agraria, memberdayakan masyarakat pedesaan dan membangun infrastruktur pedesaan.
Solusi ketiga, mengembangkan kota-kota kecil di daerah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru. Cara ini kini mendapat respons positif dari berbagai negara dan menjadi bahan kajian dari badan kependudukan dunia dalam rangka membangun kemajuan suatu bangsa atau negara. Kajian itu didasarkan atas pemikiran bahwa urbanisasi merupakan salah satu wujud modernisasi sehingga perlu dikelola secara baik.
Dengan demikian kita mengharapkan agar tidak terjadi lagi urbanisasi dalam kehidupan masyarakat yang dapat membahayakan masyarakat itu sendiri, bahkan kita juga mengharapkan agar seluruh warga masyarakat yang tinggal di kota-kota besar mengikuti program transmigrasi.
Dengan demikian kehidupan yang sejahtera dan aman dapat tercipta dan masyarakat tidak akan lehilangan pekerjaan lagi. Adanya kesadaran dan partisipasi masyarakat sendiri untuk melaksanakan program pengaturan kependudukan jangan hanya menjadi urban ke kota-kota besar. 

No comments:

Post a Comment